Apa itu petir ?

apa itu petir

Apa itu petir ? Petir adalah salah satu pemandangan langit yang paling indah di alam, dengan suhu yang lebih panas dari permukaan matahari dan gelombang listrik yang menjalar ke segala arah sampai ke tanah, petir sekaligus menjadi fenomena alam yang paling mematikan bagi manusia.

Tapi apa itu petir sebenarnya dan bagaimana proses terjadinya petir? Proses terjadinya petir diakibatkan ketika air dan es bergerak di dalam awan; dipaksa naik oleh arus udara hangat, turun oleh gravitasi, dan terkompresi di awan. Sama seperti ketika kita menggosok balon yang dapat menciptakan listrik statis, partikel di awan menjadi bermuatan. Tidak jelas bagaimana peristiwa itu terjadi, tetapi muatan-muatan listrik terpisah di awan. Muatan positif bergerak ke atas, dan negatif bergerak ke bawah.

Setelah pemisahan muatan yang signifikan telah terbentuk, muatan positif dan negatif berusaha untuk menarik satu sama lain dan kemudian menjadi netral. ‘Streamer’ muncul dari tanah untuk membentuk jalur. Setelah jalur ini selesai maka percikan petir pun terbentuk, yang kemudian menetralkan muatan.

Ketika muatan negatif bergerak ke bawah, udara di sekitarnya akan memanas. Percikan petir sangat panas hampir 20.000 derajat Celcius, dan dengan cepat memanaskan udara untuk membuat gelombang kejut.

Mengingat cahaya bergerak sangat cepat – sekitar 300 juta meter per detik, dan kecepatan suara hanya 300 meter per detik; maka kecepatan cahaya satu juta kali lebih cepat dari suara yang dihasilkan. Dengan menghitung berapa lama Anda mendengar suara setelah kilat petir terjadi, dapat diketahui seberapa jauh badai petir dari lokasi and . Setiap 4 detik selisih antara kilat dan gemuruh mewakili jarak 1 mil (1,6km) jauhnya.

Posted in Petir and tagged , , .

2 Comments

  1. apakah pemasangan penangkal petir pada sebuah tower bisa menyebabkan sambaran atau efek ke area sekitar atau bangunan sekitarnya?

  2. Hal tersebut bisa saja terjadi, bila pemasangan penangkal petir tersebut tidak memenuhi standar atau tidak terpasang dengan benar. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *